Tangisan Lelaki

Sebuah artikel di suaramerdeka menguraikan beberapa fakta nyata mengenai tangsian seorang lelaki. Beberapa hal yang tertulis pada artikel tersebut saya sebagai lelaki mengakui kebenaran hal tersebut karena saya pernah mengalaminya.
Fakta pertama mengenai tangisan lelaki adalah bahwa
lelaki sesungguhnya  sering menangis, namun mereka menyembunyikan tangisnya di dalam kekuatan akalnya. Itulah sebabnya mengapa kaum lelaki disebut-sebut memiliki dua kali lipat akal seorang wanita.
Fakta kedua bahwa lelaki selalu dituntut menjadi kuat bahkan untuk menahan emosinya, tak seperti perempuan yang bebas menangis untuk mengungkapkan emosinya.
Fakta ketiga adalah bahwa ketika lelaki menangis, mereka biasanya akan berusaha keras untuk menutupinya, terutama di depan pasangannya. Hal ini bisa dikarenakan sejak kecil lelaki diajari, anak laki-laki tak boleh menangis.
Psikolog klinis, Michael Diamond, PhD, yang juga pengarang buku My Father Before Me mengatakan demikian:
“lelaki cenderung berubah dibanding 20 tahun lalu. Peran gender yang tak seketat masa lalu, dan perubahan tingkat ekonomi membuat beberapa lelaki tak menunjukkan sisi macho. lelaki juga mudah mengungkapkan emosinya dengan tangisan. Namun masyarakat banyak masih belum bisa menerima perubahan ini, dan inilah sebabnya lelaki tak mendapatkan simpati saat menangis
Beberapa hal yang meluluhkan kerasnya lelaki:
  1. Kematian Orang yang Dicintai
    Siapa yang tidak sedih kehilangan orang yang dicintai? Hal yang sangat normal ketika melihat lelaki menangis saat kehilangan orang dicintainya, baik kekasih, keluarga maupun teman. Malah terbilang jarang, lelaki yang tidak menangis jika ada orang terdekatnya yang meninggal.
  2. Melihat Orang yang Disayanginya Sengsar
    Lelaki tak tahan jika melihat orang-orang yang disayanginya mengalami kesengsaraan. lelaki bisa menangis ketika adiknya ternyata mengonsumsi narkoba, atau melihat kekasihnya terbaring di kamar ICU karena sakit. Ketidakmampuan menyelamatkan orang-orang tercinta dari situasi buruk, membuatnya kecewa pada diri sendiri dan akhirnya timbul kesedihan yang mendalam
  3. Mengecewakan Keluarga atau Orang Terdekat
    Arnold Schwarzenegger dikabarkan sempat menangis saat akan diceraikan istrinya karena ketahuan berselingkuh. Ya, membuat kekasih atau orang dekatnya kecewa merupakan satu hal yang bisa buat lelaki menangis. Dibandingkan membuat orang marah, perasaan bersalah akan lebih besar melingkupi dirinya jika orang tersayang jadi kecewa karena perbuatannya.
  4. Dicampakkan
    Ditinggalkan kekasih karena lelaki lain, akan membuat harga dirinya turun drastis. Dia merasa egonya telah terluka sangat dalam. Pada tingkat kekecewaan dan sakit hati yang sudah parah, lelaki biasanya tidak akan bisa menahan air matanya lebih lama lagi.
  5. Team olahraga Favoritnya Kalah
    Sebagian besar lelaki merupakan penggemar berat jenis dan tim olahraga tertentu. Misalnya sepak bola, bulu tangkis, basket atau football. Kecintaan yang fanatik akan tim favorit kadang bisa membuat seseorang bertindak di luar nalar. Termasuk menangis kecewa karena tim jagoannya kalah.  
  6. Membuat Orang Tuanya Bangga
    Baik lelaki maupun wanita, pasti berkeinginan membuat orang tuanya bangga. Tapi bagi lelaki, ada perasaan emosional tersendiri yang lebih kuat saat melihat rona bahagia di mata orang tuanya. Hal ini karena secara sosial, anak lelaki memang biasanya lebih dituntut untuk menjadi kebanggaan keluarga. 
  7.  Ketika Lamarannya Diterima
    Tidak ada jawaban yang lebih diinginkan lelaki selain kata: “ya, aku bersedia” ketika dia melamar kekasihnya. Air mata lelaki tidak hanya keluar pada saat sedih saja, tapi juga saat dia merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Salah satunya, bisa menikahi wanita yang dicintainya. 
  8. Saat Menikah
    Meskipun lebih banyak wanita yang menangis saat mengucap janji suci di depan penghulu atau pendeta, lelaki juga bisa meneteskan air mata di salah satu momen paling penting dalam hidupnya ini. Ada ketegangan dan rasa emosional tersendiri saat seseorang akan melangkah ke dunia baru dalam hidupnya.
  9. Kelahiran Anak Pertama
    Banyak lelaki yang merasa tercekat saat melihat kelahiran anak pertamanya. Perasaan bahagia biasanya akan semakin kuat ketika ia menyaksikan prosesi dari awal sampai bayinya lahir.

ARTKEL TERKAIT



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Betul juga ya

Template by - PongkyToding